Cara Mudah Merawat Buku

Oleh Dessy Astuti

Pinterest

Bagi seorang dengan hobi membaca, tentu memiliki banyak koleksi buku adalah hal lumrah. Dibanding dengan membaca e-book, membaca buku fisik tentu memiliki sensasi tersendiri.

Maka dari itu, penting untuk menjaga buku-buku yang kita punya agar kondisinya tetap baik. Berikut beberapa cara untuk merawat buku-buku kesayangan kalian.

Tempatkan Pada Rak Buku

Jika kalian memiliki banyak buku, ada baiknya ditempatkan pada rak atau lemari buku dan disusun dengan rapi. Lebih baik lagi jika buku-buku kalian disusun sesuai dengan ukuran, urutan abjad, atau penulis favorit agar lebih mudah dicari.

Jauhkan Dari Sinar Matahari

Buku yang terkena sinar matahari langsung akan membuat lembar kertas pada buku menjadi lebih kering. Akibatnya, warna kertas pada buku akan berubah menjadi coklat hingga kuning. Maka dari itu, tempatkan rak buku yang tidak terkena dengan sinar matahari, ya.

Lapisi Dengan Sampul Plastik

Agar buku-buku terlihat lebih rapi, ada baiknya untuk disampul menggunakan sampul plastik. Pastikan tidak ada udara di dalam sampul plastik sebelum kalian menutupnya secara rapat.

Simpan Dengan Posisi Berdiri

Buku yang disimpan dengan posisi berdiri akan mencegah proses pelapukan. Dengan posisi berdiri, kalian akan menciptakan sedikit ruang keluar masuk udara pada setiap lembar buku.

Taruh Di Suhu Ruangan Yang Dingin

Menaruh buku di ruangan dingin atau ber-ac dapat mencegah perubahan warna pada kertas. Tak hanya itu, cara tersebut juga ampuh untuk mengusir rayap karena rayap tidak bisa hidup di suhu dingin.

Apabila buku-buku kalian sudah terlanjur dirayapi, masukan buku ke dalam freezer dan tunggu selama satu hari. Maka rayap-rayapnya akan mati.

Letakan Silica Gel Dalam Rak Buku

Meletakan silica gel atau kapur barus pada rak atau lemari buku dapat menyerap air yang dibawa oleh udara. Tak hanya itu, silica gel juga dapat menghilangkan bau tidak sedap.

Dengan melakukan cara di atas, buku-buku kesayangan kalian dijamin akan terjaga dan terawat dengan baik. Jaga selalu buku kalian, ya!

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Wahh.. Bermanfaat banget nih tulisannya, jadi lebih tau dan rapi buku2 saya

    BalasHapus
  2. Wihh pantes aja buku² ku sering rusak wkwk ternyata gini toh cara ngerawat nya
    Makasih informasinya min semangat terus nulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Dijaga dan dirawat selalu ya jendela dunianya :)

      Hapus
  3. Wah tipsnya menarik, lumayan buat aku yang ga suka baca buku

    BalasHapus
  4. Pantas saja teteh minta rak buku. Untuk ini toh?

    BalasHapus
  5. Mau cobalt terapin. Buku2 di rumah udah mulai menguning :( terima kasih kaka infonya.

    BalasHapus