5 Tips Aman Berkendara saat Hujan Melanda

Oleh Dessy Astuti

Nyetir.id

Akhir tahun akan memasuki musim hujan. Banyak dampak yang bisa terjadi dari musim hujan, seperti banjir.

Selain itu, bagi para pengendara motor dan pengemudi mobil, wajib untuk memperhatikan beberapa hal demi keselamatan saat di jalan.

Berikut tips aman berkendara saa musim hujan datang.

1. Periksa Kendaraan

Tak hanya musim hujan, memeriksa kendaraan adalah hal yang wajib dilakukan. Mulai dari kondisi ban yang harus prima, lampu yang harus selalu menyala, rem yang mumpuni, dan sebagainya. Dengan kondisi kendaraan yang baik, perjalanan akan lebih aman.

2. Kurangi Kecepatan

Sangatlah tidak dianjurkan untuk berkendara dengan kecepatan tinggi. Pasalnya, jalan yang tergenang dan licin akan membahayakan pengendara. Sebisa mungkin berkendaralah dengan kecepatan normal.

3. Jangan Terobos Genangan Air

Saat musim hujan, banyak jalanan yang tergenang air. Meskipun dalam keadaan terburu-buru, pantang bagi pengendara untuk menerobos genangan air karena pengendara tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut. Hal itu tentu sangat dilarang karena akan membahayakan.

4. Gunakan Jas Hujan Setelan

Bagi pengendara motor, gunakanlah jas hujan setelan atas bawah. Jangan gunakan jas hujan ponco karena berbahaya. Jas hujan ponco bisa saja tersangkut ke badan motor dan membahayakan pengendara.

5. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Saat musim hujan, jarak pandang sangatlah minim. Maka, jagalah jarak dengan kendaraan lain agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Itulah tips yang bisa kalian lakukan saat musim hujan datang. Jika dirasa ragu untuk melanjutkan perjalanan, silakan menepi agar lebih aman. Hati-hati di jalan, ya!

Posting Komentar

0 Komentar