5 Makanan Penghilang Stres

Oleh Dessy Astuti

Freepik.com

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Lelah dan banyaknya pekerjaan menjadi salah satu faktor penyebab datangnya stres. 

Jika sudah stres, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menghilangkannya. Mulai dari melakukan perjalanan, belanja, hangout bersama teman, hingga mengonsumsi makanan yang dapat menghilangkan rasa stres.

Lalu, apa saja makanan penghilang stres yang sering dikonsumsi? Yuk disimak!

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu otak membuat serotonin. Serotonin adalah hormon yang dapat mengubah mood menjadi baik dan bersifat antioksidan. Tak hanya itu, mengonsumsi oatmeal juga dapat membantu mengatasi stres.

2. Dark Chocolate

Dark chocolates merupakan jenis makanan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Makanan penghilang stres ini mengandung flavonol dan polifenol yaitu beberapa jenis antioksidan dari beberapa buah. Cukup mengonsumsinya satu minggu sekali, dark chocolate dapat membantu atasi stressmu. 

3. Buah-buahan

Ada banyak buah yang membantu menghilangkan stres karena banyaknya vitamin yang terkandung dalam buah-buahan, seperti alpukat, berry, pisang, jeruk, semangka, tomat, stroberi, dan jambu.

4. Es Krim

Kombinasi susu dan krim dengan sensasi dingin disertai berbagai varian rasa ini mampu menghilangkan stres. Kandungan amino thrytopan dalam es krim berfungsi menenangkan otak. Cocok sekali untuk kalian yang sedang stres.

5. Sayuran Hijau

Bagi sebagian orang, mengonsumsi sayuran hijau adalah hal yang sulit dilakukan karena rasa tidak suka. Tapi tahukah kalian? Bahwa mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam dan asparagus dapat membantu menenangkan pikiran. Sayuran tersebut mengandung folat yang menghasilkan dopamin, zat kimia otak yang merangsang kebahagiaan.

Nah, diantara lima makanan di atas, mana yang menjadi pilihanmu?

Posting Komentar

9 Komentar

  1. Yaah lebih suka makanan ciki-cikian atau jajanan abang abang pinggir jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurangi ya, Hadi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung micin tidak baik untuk kesehatan tubuh :)

      Hapus
  2. Ga bisa hidup tanpa micin, gimana dong? 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sehari tanpa micin, kira-kira masih hidup atau enggak. hehehe.

      Hapus
  3. Pantesan aku gak gampang stres, ternyata sayur hijau penyebabnya... (. ❛ á´— ❛.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbanyak konsumsi sayur dan makanan di atas ya kak ;)

      Hapus