Gunakan Bahan Alami ini untuk Atasi Kulit Belang

Oleh Dessy Astuti

Grid.id

Memiliki warna kulit yang tidak merata atau belang merupakan suatu masalah yang sering dialami oleh sebagian orang. Ada tipe kulit manusia yang cepat gosong saat terpapar matahari, tapi ada juga yang mudah kembali ke warna kulit semula.

Warna kulit yang tidak merata, jika didiamkan akan menganggu kesehatan juga. Hal tersebut dapat menyebabkan peradangan pad kulit atau kulit menjadi mengelupas. Untuk itu, perlu diatasi dengan beberapa cara salah satunya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah untuk didapatkan.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat mengatasi kulit belang.

Kunyit

Foto: Pexels

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah di Indonesia yang memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mencerahkan kulit. Meskipun akan membuat kulit menjadi menguning karena warnanya, namun rempah satu ini memang memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk kulit.

Caranya adalah dengan parut kunyit secukupnya. Hasil parutannya dicampurkan dengan air hingga mengendap lalu dicampur dengan tepung beras. Lalu baluri ke tubuh yang tidak merata. Cara lainnya adalah dengan bubuk kunyit instan yang bisa dicampur dengan lemon atau air mawar, lalu dijadikan sebagai masker wajah atau lulur badan.

Beras

Foto: Pexels

Makanan pokok orang Indonesia ini tak hanya baik untuk dikonsumsi tapi juga dapat meratakan kulit yang belang. Beras memiliki kandungan vitamin B yang bagus untuk mencerahkan kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk atau menghaluskan beras di blender, lalu menggosokannya pada kulit yang tidak merata. Tak hanya beras, air berasnya pun dapat digunakan sebagai lulur saat mandi untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Lemon

Foto: Pexels

Kandungan vitamin C dalam buah yang memiliki rasa asam ini mampu secara efektif untuk menyehatkan dan mengembalikan warna kulit seperti semula, serta meregenerasi sel kulit.

Caranya ialah dengan mengoleskan perasan air lemon ke kulit yang tidak merata, lalu diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Mengatasi kulit belang tidak selalu harus ke dokter kecantikan. Cukup dengan rutin menggunakan bahan alami di atas, maka arna kulit akan kembali seperti semula. Selamat mencoba, ya!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Izin nambahin. Pake bubuk kopi hitam juga bisa. Tuang di piring kecil, kasih air sedikit, dilulur ke area yang belang, tunggu sekitar 30 menit atau 1 jam abis itu bilas.

    Btw thanks buat tipsnya. Buat perempuan harus ingat, perawatan tidak harus selalu mahal, hehe...

    BalasHapus