Makanan Aman Bagi Penderita Maag

Oleh Dessy Astuti

Pixabay.com

Bagi penderita sakit maag atau lambung haruslah menjaga makanan dengan baik. Karena jika salah dalam mengonsumsi makanan akan menyebabkan kambuh dan sakit pada perut.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk penderita maag, seperti makanan pedas, manis, bersantan, dan asam.

Lantas, makanan apa yang aman bagi penderita maag? Berikut daftarnya.

Oatmeal

Makanan sejenis bubus yang berasal dari gandum ini cocok dikomsumsi penderita maag untuk mengurangi gejala kenaikan asam. Lambung. Dengan kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi, oatmeal juga dilengkapi banyak gizi, seperti vitamin B, magnesium, mangan, fosfor, seng, zat besi, tembaga, dan folat.

Kentang Rebus

Dengan kandungan karbohidrat yang cukup banyak dalam kentang, kandungan tersebut bisa menetralisir asam lambung. Namun, cara memasak kentang bagi penderita maag disarankan direbus daripada digoreng.

Pisang

Buah pisang mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat bagi pencernaan. Kandungan lain dalam pisang, seperti asam amino, omega 3, dan anti oksidan bagus untuk menetralisir lambung.


Daging dan Ikan

Penderita maag haruslah mengonsumsi makanan dengan kaya protein, seperti daging dan ikan agar dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Pilihlah daging yang rendah lemak dan ikan yang segar.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang memiliki banyak manfaat. Selain itu, sayuran sangatlah mudah didapatkan di berbagi pasar swalayan. Jika bosan dengan olahan sayuran hijau, buatlah salad yang terbuat dari berbagai sayuran dengan ditambah yoghurt sebagai pemanis rasa.

Pepaya

Pepaya memiliki kandungan bernama papain yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Dengan begitu, asam amino lebih mudah dipecah oleh tubuh. Maksudnya adalah enzim papain dapat meredakan gejala asam lambung.

Itulah beberapa makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita maag. Selalu jaga kesehatan, ya!

Posting Komentar

0 Komentar