Cetak Prestasi Baru, Ridwan Kamil Ajak Majukan Indonesia

Dok. humas

Literasi Kata, Jakarta — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil kembali mencetak prestasi baru dengan mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yaitu Gubernur Entrepreneur Award 2019 dengan kategori pendidikan dan investasi, serta special mention sebagai Marketeer of The Year 2019 pada Regional Leader Entrepreneur Award 2019 pada rangkaian MarkPlus Conference 2020 di Jakarta.

Perhargaan tersebut diberikan langsung dari founder & chairman perusahaan marketing Markplus, Inc. Hermawan Kartajaya kepada Ridwan Kamil pada Rabu (04/12) di Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta.

Penyelenggaraan Regional Leader Entrepreneur Award 2019 merupakan rangkaian event marketing terbesar di Asia yang bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indoensia (APKASI) yang selanjutnya hasil penilaian diserahkan kepada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Markplus, Inc. selaku penyelenggara memberikan alasan diberikannya penghargaan tersebut kepada Ridwan Kamil ialah karena penerapan sikap kepemimpinan Ridwan Kamil yang inovatif, kreatif, dan berjiwa entrepreneur dalam pemerintahan sehingga berhasil melakukan banyak kemajuan pada berbagai bidang.

Dalam unggahannya di instagram @ridwankamil mengungkapkan rasa bangganya karena telah menerima penghargaan tersebut, serta beberapa penghargaan yang sama untuk para kepala daerah di Jawa Barat.

“Mari semangat membangun ekonomi Jawa Barat agar Juara dan membawa Indonesia makin maju,” tulis Ridwan Kamil dalam postingannya.

Kolom komentar unggahan tersebut pun dibanjiri oleh ucapan selamat, salah satunya ucapan selamat dari Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan.

“Selamat Kang Emil. Mari ki' bersinergi Sulsel dan Jabar 👍,” tulis @nurdin.abdullah.

Tak hanya Ridwan Kamil, beberapa kepala daerah di Jawa Barat pun mendapatkan penghargaan pada Regional Leader Entrepreneur Award 2019, diantaranya Bupati Bogor, Bupati Purwakarta, dan Wali Kota Bandung raih kategori pariwisata, Wali Kota Cimahi dengan kategori kemiskinan, Wali Kota Sukabumi dengan kategori kesehatan dan perdagangan, dan Wali Kota Bogor dengan kategori kemiskinan dan pendidikan.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil memang dikenal sebagai gubernur yang piawai dalam menciptakan inovasi dan kreativitas. Sebelumnya, di tahun yang sama, Emil juga menerima gelar Doctor Honoris Causa Bidang Public Administration dari Dong-A University di Busan, Korea Selatan.

Semua penghargaan yang diterima Emil hingga kini adalah berkat jiwa kewiraswastaan yang dimilikinya untuk membangun daerah. Ada empat hal yang perlu diterapkan, yaitu proaktif, probisnis, pro-inklusif, dan pro-environment.

Emil pun menjelaskan keempat hal tersebut, proaktif dinilai harus dimiliki oleh pemimpin agar segala urusan dapat berjalan dengan baik dan antusias. Selanjutnya probisnis, pemimpin harus mengerti jalannya bisnis dan memiliki relasi ke banyak marketing. 

Kemudian pro-inklusif, contohnya Emil menginisiasi pusat digital commerce di beberapa desa, salah satunya bekerja sama dengan Tokopedia. Terakhir pro-environment dengan contoh mengubah sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi. (DA)

Posting Komentar

0 Komentar