Ketahui Penyebab dan Ciri Kucing Keguguran

Oleh Dessy Astuti

Pinterest.com

Jika memelihara kucing, ada baiknya untuk mengenali kucing dengan baik. Saat sedang hamil contohnya. Kucing bisa saja keguguran karena beberapa faktor, seperti ketidakseimbangan hormonal.

Selain faktor tersebut, kucing yang sedang hamil juga sangat rentan apalagi saat massa awal kehamilan. Keguguran juga dapat disebabkan karena infeksi bakteri, stress, asupan makanan yang buruk, dan hal yang tidak disengaja.

Masa kehamilan kucing biasanya sembilan minggu. Jika dalam minggu-minggu tersebut kucing mengalami pendarahan, itu berarti kucing sedang mengalami keguguran.

Selain mengalami pendaharan, ada beberapa ciri untuk mengenali kucing yang sedang keguguran, yaitu kucing akan kehilangan nafsu makan, mengalami demam, terlihat lesu, perubahan perilaku menjadi lebih pasif, akan kesakitan saat disentuh bagian perut, dan berat badan menurun.

Jika kucing sudah mengalami ciri-ciri seperti di atas, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk ditindak lanjut. Karena kalau tidak, keguguran bisa menyebabkan kematian.

Sama halnya seperti manusia, kucing yang mengalami keguguran rahimnya harus dibersihkan atau dikuret. Jika sudah melalui tahap tersebut, kucing akan diberikan obat untuk proses penyembuhan.

Sangat penting untuk menjaga kucing yang sedang hamil. Selain dari segi kebersihan, asupan nutrisi pun harus terpenuhi serta perlakukanlah kucing dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar