Situs Web Tepercaya dan Independen Untuk Cek Rekam Jejak Capres dan Caleg

Oleh Dessy Astuti

jalantikus.com

Menuju pemilihan umum atau pemilu serentak ada baiknya masyarakat lebih mengetahui rekam jejak dari para calon presiden (capres) dan calon legislatif (caleg) yang nantinya akan terpilih pada periode 2019-2024. Ada banyak situs bermunculan yang dapat membantu, berikut merupakan 5 daftar situs terpercaya dan independen untuk cek rekam jejak capres dan caleg :



  1. www.pintarmemilih.id
Pintarmemilih.id merupakan portal yang dikelola Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) atas dukungan Google Indonesia, dengan menyediakan data dan informasi Pemilu 2019 terutama data daerah pemilihan, profil partai, profil calon presiden, profil calon anggota DPR RI, profil calon anggota DPD RI, profil calon anggota DPRD Provinsi, profil calon anggota DPRD Kabupaten/Kota, jadwal dan tahapan Pemilu 2019.

  1. www.rekamjejak.net
RekamJejak merupakan sebuah platform digital yang dikembangkan Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk menyajikan informasi seputar rekam jejak pejabat publik dan calon pejabat publik. Rekam Jejak fokus menginformasikan Anggota DPR RI 2014-2019, khususnya topik korupsi. Pada menu ”Cek Profil” pemilih akan disuguhi data caleg termasuk kaitannya dalam kasus korupsi. Selain itu, pemilih bisa memberikan informasi mengenai caleg dengan sign up dan “tambah informasi anggota DPR”.

  1. www.iklancapres.id
Dikembangkan oleh Yayasan Satu Dunia pada 2018, IklanCapres.id menyajikan hasil pemantauan terhadap konten kampanye kedua tim capres-cawapres Pilpres 2019 di media sosial, terutama terkait isu masyarakat sipil. Situs ini juga menayangkan data belanja iklan kedua kubu di televisi dan koran di 3 kota, yaitu DKI Jakarta, Makassar, dan Banjarmasin.

  1. www.wikidpr.org
WikiDPR adalah sebuah organisasi non-profit bidang media dan komunikasi yang dibentuk pada 2014. Cakupan kerja WikiDPR meliputi reportase, advokasi, dan inventarisasi data. Dalam pengumpulan informasi, terdapat relawan Wiki DPR untuk melakukan reportase lapangan dengan mengikuti sidang-sidang pembahasan suatu undang-undang atau kebijakan lain di DPR. Relawan kemudian menuliskan hasil pengamatan dan rekaman sidang untuk kemudian dipublikasikan di situs tersebut.

  1. www.jariungu.com
JariUngu.com merupakan media komunikasi konstituen dengan para anggota legislatif terpilih yang dibangun pada 2009 dan dikelola oleh PT Dua Radja Net (DRN), suatu socio-enterpreneur. Dalam perkembangannya, Jari Ungu menjadi salah satu rujukan bagi pemilih untuk mencari tahu daftar caleg di Pemilu 2019 dengan menyajikan lebih dari 240 ribu profil caleg dan 19 ribu anggota parlemen. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah 'Saring Caleg'. Pemilih dimudahkan mencari daftar caleg tidak hanya berdasarkan partai dan daerah pemilihan.

(Tulisan sudah dimuat di Koran Sindo pada 13 April 2019)

Posting Komentar

0 Komentar