Kebelet Pipis Saat Perjalanan? Atasi dengan Cara ini

Oleh Dessy Astuti

Healthy News

Saat melakukan perjalanan, kerap kali muncul rasa ingin membuang air kecil. Namun, apa jadinya jika harus menahan saat perjalanan?

Menahan buang air kecil atau pipis memanglah tidak disarankan karena berbahaya bagi kesehatan ginjal. Akan tetapi cara tersebut dapat diatasi untuk beberapa saat. Berikut cara mengatasinya.

Duduk yang Tegak

Duduklah dengan posisi tegak. Karena jika duduk dengan posisi membungkuk akan memberikan tekanan pada kandung kemih untuk keluar. Jangan duduk terlalu tegang, sebisa mungkin untuk tetap santai. 

Jangan Banyak Bergerak

Terlalu banyak bergerak hanya akan menambah tekanan kandung kemih untuk mengeluarkan urin. Sebisa mungkin untuk diam saja dan alihkan pikiran. 

Longgarkan Pakaian

Jika menggunakan pakaian atau celana yang ketat, longgarkan terlebih dahulu agar terasa nyaman dan tidak menjadi sesak karena menahan pipis. 

Hindari Banyak Bicara dan Tertawa

Ketika ada kawan yang mengajak bercanda sebisa mungkin dihindari terlebih dahulu. Alihkan fokus ke hal lain. Karena jika banyak bicara dan tertawa hanya akan membuat kandung kemih tertekan. 

Silangkan Kaki saat Berdiri

Jika duduk terasa tidak nyaman, cobalah untuk berdiri dengan menyilangkan kaki. Cara tersebut dapat dilakukan untuk menahan pipis beberapa saat. 

Jangan Minum Terlalu Banyak

Minum air memang penting untuk kesehatan tubuh. Tapi saat perjalanan, cobalah untuk tidak minum terlalu banyak.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menahan pipis. Namun, jangan terlalu sering dilakukan, ya! Sempatkanlah untuk buang air kecil di setiap rest area.

Posting Komentar

0 Komentar