Penyebab Bisul yang Perlu Kamu Ketahui

Oleh Dessy Astuti

Shutterstock

Bisul merupakan penyakit kulit yang muncul berupa benjolan merah disertai dengan rasa gatal, sakit, berisi nanah, dan kulit memerah. Bisul biasa muncul di tubuh, seperti ketiak, pinggang, pantat, punggung, atau selangkangan.

Biasanya bisul disebabkan karena banyak mengonsumsi telur. Namun, tak hanya karena faktor makanan. Bisul juga bisa muncul karena faktor kebersihan. Berikut penyebab bisul yang perlu diketahui:

Faktor Makanan

penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus Aureus yang menginfeksi kulit. Mengonsumsi makanan mengandung gula dan lemak juga dapat menyebabkan bisul. Kadar gula yang terlalu tinggi dapat merangsang produksi minyak dan memicu jerawat. Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan mirip insulin yang menyebabkan folikel kulit rentan terinfeksi bakteri dari luar.

Faktor Kebersihan

Kebersihan patut dijaga dengan baik. Kondisi tubuh yang tidak bersih dapat menimbulkan munculnya bakteri, kuman, dan virus. Apalagi dengan banyaknya aktivitas yang sering dilakukan. Untuk itu, ada baiknya selalu menjaga kebersihan dengan mengganti handuk secara berkala, mencuci tangan, dan menggunakan bedak tabur anti kuman pada tubuh.

Faktor Alergi

Alergi juga bisa menjadi faktor munculnya bisul. Alergi debu misalnya. Kulit akan menjadi gatal dan meradang sehingga bisul dengan mudah muncul.

Faktor Tertular

Tidak hanya karena makanan, kebersihan, dan alergi. Kontak langsung dengan pengidap bisul dapat menjadi risiko tertular bisul ditambah lagi dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang tidak baik.

Penting bagi kita mengetahui penyebab bisul agar dapat mencegah hal tersebut terjadi. Namun, jika bisul sudah muncul ada baiknya untuk diobati menggunakan herbal alami. Atau jika bisul semakin meradang, ada baiknya untuk periksa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Pas banget nih, temen saya ada yang lagi bisulan. Terima kasih infonya!!!

    BalasHapus
  2. Wahh.. Berarti saya harus jaga jarak dong sama orang yang lagi bisulan? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan jaga jarak, tapi hindari kontak fisik langsung.

      Hapus
    2. Harus dikasih tau nih ke temen saya. Terima kasih yaa infonya

      Hapus
  3. Baru tahu alergi juga bisa jadi pemicu

    BalasHapus