Manfaat White Tea bagi Tubuh

Oleh Dessy Astuti

Pixabay.com

White tea atau teh putih merupakan salah satu jenis teh yang ada di Indonesia. Berasal dari tanaman Camellia sinesis dengan mengandung tiga kali lebih banyak antioksidan dibanding teh hijau, teh putih dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Teh putih juga memiliki rasa teh yang berbeda dengan yang lainnya. Tidak hanya rasanya yang enak, teh putih ternyata merupakan teh termahal yang dijual di Indonesia.

Di Garut, Jawa Barat, teh putih dibanderol dengan harga Rp2,5 juta per kilogram dan dijual juga dalam bentuk kemasan dengan harga terjangkau yaitu Rp75 ribu per kaleng.

Teh putih yang mahal ini mempunyai banyak sekali manfaat. Tidak hanya untuk tubuh tapi juga untuk kecantikan wajah. Berikut manfaatnya:

Melindungi kulit dari sinar ultraviolet
Manfaat teh putih juga dapat dirasakan oleh kulit. Caranya adalah dengan dihancurkan lalu diberi sedikit air, kemudian dioleskan pada permukaan kulit. Dengan cara ini, teh putih bisa memperkuat sel kulit sekaligus melindunginya dari sengatan sinar ultraviolet yang berbahaya.
Mencegah obesitas dan menurunkan berat badan
Teh putih dipercaya memiliki efek anti-obesitas. Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak teh putih bisa membantu menghancurkan lemak dan menghambat pertumbuhan sel-sel lemak baru di dalam tubuh. Tak hanya itu, penelitian juga dilakukan oleh Harvard Medical School bahwa kandungan katekin yang ada dalam teh putih dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan antioksidan dapat membantu dalam menurunkan berat badan.
Memerangi kuman dan mencegah infeksi
Teh putih dapat memerangi kuman, mencegah infeksi, bahkan mampu menghancurkan organisme penyebab penyakit. Teh putih juga terbukti mampu memerangi kuman lebih signifikan dibandingkan dengan teh hijau.
Melindungi gigi dari bakteri
Kandungan teh putih, seperti fluoridetannincatechin, dan flavonoid bermanfaat untuk memperkuat dan melindungi gigi. Kandungan substansi alami fluoride pada teh putih mencapai 34 persen, sehingga membuat teh putih efektif untuk mengurangi karies gigi yang biasanya muncul karena pengaruh sisa-sisa makanan dan bakteri.
Mencegah kanker
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, teh putih memiliki efek mencegah kanker yang lebih efektif dibanding teh hijau dalam menghancurkan sel-sel kanker. Kandungan antioksidan di dalam teh putih juga mampu membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker tertentu di dalam tubuh, misalnya kanker paru-paru dan kanker kolon.
Mengurangi risiko gangguan jantung
Teh putih mengandung flavonoid yang baik untuk jantung dan membantu memperlebar pembuluh darah arteri. Selain itu, teh putih juga mampu melancarkan sistem peredaran darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolestrol, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.
Itulah beberapa manfaat teh putih. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar

0 Komentar