Dari Komika ke Dapur Film

www.instagram.com/babecabiita



Literasi Kata, Jakarta ─ Ada berbagai jenis hiburan yang digemari masyarakat Indonesia saat ini, stand up comedy salah satunya. Stand Up Comedy merupakan jenis lawakan tunggal yang tengah tren sejak 2011 dikalangan anak muda. Pelaku stand up comedy atau yang biasa disebut komika kerap beraksi di atas panggung dengan materi lawakan yang senantiasa membuat para penonton tertawa. Dari tahun ke tahun, kini stand up comedy Indonesia melahirkan banyak komika yang sukses. Tak hanya di stand up comedy, para komika mulai merambah ke bidang lain seperti film. Bahkan, film komedi di Indonesia saat ini mulai didominasi oleh para komika.

Babe Cabiita salah satunya, pria asal Medan yang memiliki nama lengkap Priya Prayogha Pratama ini mengaku senang dapat terjun ke dunia film. Karir Babe dalam Stand Up Comedy pun sebuah hal yang tidak disengaja. Menurut Babe, awalnya ada EO (Event Organizer) yang menawarkan Ia menjadi buzzer di Twitter untuk sebuah show Stand Up Comedy di Medan yang menghadirkan Ernest Prakasa. Dalam acara tersebut, untuk pertama kalinya Babe open mic dengan materi dari cuitan singkatnya di twitter.

Kemudian, Babe beserta teman-teman yang lain membentuk sebuah komunitas Stand Up Comedy di Medan. Berangkat dari komunitas tersebut, pada 2013 Babe pun mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Season 3 yang diadakan oleh Kompas TV. Dengan pembawaan materi komedi yang santai, lugas, dan memiliki ciri khas tagline “Ahh...sudahlah”, Babe berhasil meraih juara 1 dalam ajang tersebut dan membuat dirinya semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Tak hanya berada di dunia Stand Up Comedy, Babe pun mencoba merambah ke dunia film dengan tawaran pertama berasal dari talent coordinator rumah produksi Falcon Pictures. Kesempatan tersebut pun diambil oleh Babe. Saat itu, Babe ditawari untuk bermain film “Comic 8” beserta komika lainnya seperti Fico Fachriza, Arie Kriting, Mongol, Bintang Bete, dan sebagainya. Setelah sukses dengan “Comic 8” yang berhasil menembus 2 juta penonton, Babe mulai menekuni bidang film dan bermain dalam berbagai judul film komedi di Indonesia.

Saat shooting film, Babe bercerita ada banyak keseruan yang dialaminya di lokasi. Mulai dari selalu melihat kamera karena tidak sengaja, tidak mengerti blocking dan kontiniti, beradu lawakan dengan komika lain, dan hal seru lainnya. Menurut Babe, hal paling lucu saat bermain film adalah ketika mendapatkan tawaran film serentak bersama komika lainnya. Babe dan komika lain akan membayangkan dapat menjadi orang kaya seperti halnya para pemain film yang ada. Namun ternyata hal tersebut tidak seperti ekspetasi Babe, realitanya bayaran pertama yang Babe dapat tak sebanyak yang Ia pikirkan, bahkan untuk membeli motor pun tak cukup.

Pria dengan ciri khas rambut kribo ini memang memiliki kesukaan di kedua bidang tersebut. Namun jika disuruh memilih, Babe akan memilih dua-duanya, karena menurutnya kedua hal tersebut memiliki kesulitan dan kesenangan tersendiri.

“Aku ingin menjadi stand up comedy yang bisa kemana saja. Sukses di Stand Up Comedy, sukses di film, dan bisa sukses dalam bidang apapun yang bersifat komedi. Amin,” ujar Babe menyampaikan harapannya.

Dengan merambah ke dunia film, Babe berhasil masuk ke dalam beberapa nominasi penghargaan seperti nominasi pemeran utama pria terbaik dan pemeran pendukung pria terbaik di Indonesia Box Office Movie Awards 2016 dan nominasi pemeran utama pria terbaik di Indonesia Box Office Movie Awards 2016.

Kini, Babe telah membintangi 28 judul film seperti Comic 8, Single, Warkop DKI Reborn, Si Juki The Movie, dan lainnya. Tak hanya itu, 4 judul film lainnya pun akan segera tayang menghiasi layar lebar Indonesia.

Selain Babe Cabiita, ada komika lain yang juga merambah ke dunia film salah satunya Ardit Erwandha. Pria berwajah tampan yang baru saja menikah ini merupakan runner up dari Stand Up Comedy Indonesia Season 6 yang diadakan Kompas TV. Ardit dikenal sebagai seorang yang pemalu namun memiliki banyak pemikiran tapi tidak ada sarana untuk menyampaikan aspirasinya tersebut. dengan adanya stand up comedy menjadi titik terang Ardit untuk memulai karirnya sebagai komika pada 2011, dan mengikuti komunitas Stand Up Comedy Samarinda.

Setelah kurang lebih menjadi komika selama 4 tahun, Desember 2014 Ardit dihubungi oleh Ernest Prakasa untuk bergabung dengan manajemennya yaitu HAHAHA Corp yang diprakasai langsung oleh Ernest. Lewat manajemen tersebutlah Ardit mendapatkan banyak kesempatan salah satunya bermain film.

Kini, pria yang selalu memposting hal konyol di instagramnya tersebut sudah membintangi 10 judul film diantaranya Ngenest, Susah Sinyal, Gila Lu Ndro!, Milly & Mamet, dan sebagainya.

”Harapan saya semoga kemampuan saya semakin berkembang di seni yang saya dalami maupun di seni yang belum saya tekuni,” ungkap Ardit pria kelahiran samarinda dalam menyampaikan harapannya.

(Tulisan sudah dimuat di Koran Sindo pada 2 Februari 2019 dan http://koran-sindo.com/page/news/2019-02-02/0/5/Dari_KomiKa_Ke_Dapur_Film)

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Yah nggak ada dzawin nur? Eh tapi ardit pun kesukaanku!

    BalasHapus